Selasa, 12 Januari 2010

PENGGUNAAN SENSOR INFRA MERAH PADA SISTEM KEAMANAN GEDUNG



ABSTRAKSI
Sistem keamanan pada gedung merupakan standardisasi yang harus diterapkan sebagai fasilitas keamanan dan kenyamanan pemakai gedung. Kebutuhan keamanan bisa dipenuhi salah satunya dengan metode yang sederhana seperti pendeteksi gerakan dengan sensor infrared yang dilengkapi dengan perangkat lunak penunjang. Di dalam tulisan ini digambarkan bagaimana sistem akan merespon setiap gerakan yang terdeteksi kemudian menginformasikannya ke ruang pusat keamanan dengan cara memberikan isyarat suara serta visualisasi gambar dan seruan. Selain memberikan isyarat, perangkat lunak pendeteksi gerakan bisa menyimpan data pencatatan waktu kejadian. Data secara otomatis akan tercatat dalam basis data dan tidak bisa dihapus oleh sembarang orang.
Dengan alat yang sudah dirancang dan diimplementasiakan ini tentunya sangat membantu dalam hal meningkatkan keamanan pada gedung dengan
konsep waktu nyata.


PENDAHULUAN
Tindak kejahatan yang terjadi pada lingkungan gedung perkantoran bahkan di
lingkungan rumah akhir-akhir ini semakin sering terjadi, angka kriminalitas pun
semakin meningkat. Di dalam sebuah gedung perkantoran tentunya banyak benda penting yang tersimpan di beberapa ruangan. Semakin banyak ruangan yang menyimpan benda penting maka semakin tinggi kebutuhan sistem keamanan gedung tersebut. Sepertinya kurang efisien jika tugas itu dikerjakan oleh tenaga manusia. Misalnya dalam suatu gedung terdapat puluhan ruangan, untuk memaksimalkan keamanan tentunya diperlukan puluhan tenaga manusia untuk berpatroli di setiap ruangan. Pengawasan keamanan dapat dipermudah dengan menggunakan suatu alat pada setiap ruangan. Dengan sistematis digambarkan sebagai berikut, dalam setiap ruangan terdapat alat pendeteksi gerakan dibantu dengan adanya kamera (CCTV). Gedung tersebut hanya membutuhkan satu ruang pusat keamanan yang bisa memonitor setiap ruang tersebut. Ketika sensor dari alat ini mendeteksi adanya suatu gerakan maka alat ini akan mengisyaratkan/menginformasikan ke ruang pusat keamanan, isyaratnya bisa berbentuk suara dan cahaya (lampu), isyarat hanya terjadi di ruang pusat keamanan bukan di tempat di mana alat tersebut disimpan. Dengan adanya isyarat, pihak keamanan di ruang pusat keamanan bisa memonitor dan segera mengambil tindakan. Tujuan dan manfaat dari sistem adalah untuk mengurangi bahkan mencegah tindak kejahatan pada lingkungan gedung perkantoran atau rumah tinggal dengan menggunakan sistem yang sederhana. Selain itu sistem ini juga berkemampuan untuk mencatat dan merekam waktu dari kejadian yang terdeteksi oleh sensor infrared. Karena komponen ini dilengkapi dengan perangkat lunak yang bisa mencatat waktu kejadian dan menyimpannya dalam basis data, sehingga bisa ditelusuri riwayat kejadian dengan melihat file logging.

pembahasan:
Sensor
pyroelectric dibuat dari material serupa kristal yang membangkitkan muatan elektrik ketika permukaan diekspos pada panas dalam bentuk radiasi infra merah. Ketika jumlah radiasi yang mengenai kristal rubah maka jumlah muatan juga berubah dan dapat diukur dengan FET yang sensitif yang terdapat dalam sensor. Elemen-elemen sensor sensitif terhadap radiasi dengan jangkauan luas sehingga sebuah jendela filter ditambahkan ke paket TO5 untuk membatasi radiasi yang datang ke jangkauan 8 sampai 14 μm [5] yang sangat sensitif terhadap radiasi tubuh manusia







Lensa fresnel dibuat dari material yang mentransmisikan infrared yang memiliki jangkauan transmisi IR dari 8,14 μm [5] yang paling sensitif terhadap radiasi tubuh manusia. Radiasi ini dirancang agar alur-alur patahannya menghadap ke sisi subjek dari lensa dimana biasanya menjadi bagian luar dari penutup yang menaungi sensor. Elemen lensa berbentuk bundar dengan diameter 1 inch dan memiliki bingkai persegi berukuran 1,5 inch [5].Bingkai ini digunakan untuk menempatkan lensa pada frame yang tepat atau penutup. Penempatan dilakukan dengan baik dan mudah dengan kepingan scotchtape. Bahan silikon elastik yang adesif (dapat menempel) dapat juga digunakan untuk membentuk semacam pelapis tahan air. Lensa fresnel memiliki panjang fokal 0,65 inch dari lensa ke elemen sensor. Telah ditentukan berdasarkan percobaan agar jarak pandang diatur kira-kira 10 derajat ketika digunakan dengan sebuah passive infra red [5].


Gambar sketsa area deteksi Inframerah.
























Sensor pendeteksi gerakan ini tidak terpengaruh oleh perbedaan intensitas cahaya, sekalipun keadaan dalam ruangan gelap pekat sensor ini tetap bisa mendeteksi gerakan seperti dalam keadaan ruangan terang.

Sensor gerakan ini terpengaruh oleh suhu. Sensor ini bisa bekerja lebih baik dalam keadaan suhu yang dingin atau dalam ruangan ber-AC. Jika keadaan ruangan hangat kepekaan dari sensor ini akan berkurang.

Sensor ini selain mendeteksi infrared yang dipancarkan manusia juga mendeteksi gerakan objek benda mati. Ada perbedaan dalam pendeteksian dua objek yang berbeda. Ketika yang terdeteksi adalah manusia sensor ini akan merespon meskipun orang itu tidak bergerak, selama infrared dari orang itu masih terpancar maka sensor ini akan terus mendeteksi infrared dari tubuh manusia (makhluk hidup). Ketika yang terdeteksi adalah benda mati, sensor ini baru akan merespon jika objek itu bergerak. Jika objek tidak digerakkan maka sensor tidak akan merespon lagi. Sensor ini akan terus merespon jika objek benda mati yang terdeteksi terus digerakkan.


Rumah Mini dengan sensor inframerah



Video Pengunaan Sensor Infra merah




video

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar